About Us

Manfaat Kesehatan dari Seks adalah bagian dari kehidupan. Selain reproduksi, seks bisa tentang keintiman dan kesenangan. Aktivitas seksual, hubungan penis-vaginal (PVI), atau masturbasi, dapat menawarkan banyak manfaat mengejutkan untuk semua aspek kehidupan Anda.

Kesehatan seksual lebih dari sekadar menghindari penyakit dan kehamilan yang tidak direncanakan. Ini juga tentang mengenali bahwa seks dapat menjadi bagian penting dari hidup Anda, menurut American Sexual Health Association.

Studi ini menunjukkan bahwa seks bisa menjadi latihan kardiovaskular yang baik pada pria dan wanita yang lebih muda. Meskipun seks saja tidak cukup, itu bisa dianggap sebagai olahraga ringan.

Manfaat Kesehatan yang di dapat dari Seks

Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari seks antara lain:

  • menurunkan tekanan darah
  • membakar kalori
  • meningkatkan kesehatan jantung
  • memperkuat otot
  • mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan hipertensi
  • meningkatkan libido

Orang dengan kehidupan seks yang aktif cenderung lebih sering berolahraga dan memiliki kebiasaan makan yang lebih baik daripada mereka yang kurang aktif secara seksual. Kebugaran fisik juga dapat meningkatkan kinerja seksual secara keseluruhan.

Sistem kekebalan yang lebih kuat

Dalam sebuah studi tentang kekebalan pada orang-orang dalam hubungan romantis, orang-orang yang sering berhubungan seks (satu sampai dua kali seminggu) memiliki lebih banyak imunoglobulin A (IgA) dalam air liur mereka. Orang yang jarang berhubungan seks (kurang dari sekali seminggu) memiliki IgA yang jauh lebih sedikit.

IgA adalah antibodi yang berperan dalam mencegah penyakit dan merupakan garis pertahanan pertama melawan human papillomavirus, atau HPV.

Tetapi mereka yang berhubungan seks lebih dari tiga kali seminggu memiliki jumlah IgA yang sama dengan mereka yang jarang berhubungan seks. Studi ini menunjukkan bahwa kecemasan dan stres mungkin dapat membatalkan efek positif dari seks.

Kualitas Tidur Lebih Baik

Tubuh Anda melepaskan oksitosin, juga disebut hormon “cinta” atau “keintiman”, dan endorfin selama orgasme. Kombinasi hormon-hormon ini dapat bertindak sebagai sedasi.

Tidur yang lebih baik dapat berkontribusi pada:

  • sistem kekebalan yang lebih kuat
  • umur yang lebih panjang
  • merasa lebih istirahat
  • memiliki lebih banyak energi di siang hari

Meredakan sakit kepala

Studi lain menunjukkan bahwa aktivitas seksual dapat memberikan bantuan penuh atau sebagian dari migrain dan sakit kepala cluster.

Dari orang-orang yang aktif secara seksual selama serangan mereka:

  • 60 persen melaporkan peningkatan selama migrain
  • 70 persen melaporkan kelegaan sedang hingga total selama migrain
  • 37 persen melaporkan perbaikan gejala pada sakit kepala cluster
  • 91 persen melaporkan kelegaan sedang hingga lengkap pada sakit kepala cluster

Seks Sehat Pada pria

Sebuah tinjauan baru-baru ini menemukan bahwa pria yang lebih sering melakukan hubungan penis-vaginal (PVI) memiliki risiko lebih kecil terkena kanker prostat.

Satu studi menemukan bahwa pria yang rata-rata mengalami 4,6 hingga 7 ejakulasi seminggu, 36 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menerima diagnosis kanker prostat sebelum usia 70 tahun. Ini dibandingkan dengan pria yang rata-rata mengalami ejakulasi 2,3 kali atau lebih sedikit dalam seminggu.

Bagi pria, seks bahkan dapat memengaruhi kematian Anda. Satu studi yang memiliki 10 tahun tindak lanjut melaporkan bahwa pria yang sering orgasme (didefinisikan sebagai dua atau lebih seminggu) memiliki risiko kematian 50 persen lebih rendah daripada mereka yang berhubungan seks lebih jarang.

Meskipun hasilnya bertentangan, kualitas dan kesehatan sperma Anda dapat meningkat dengan meningkatnya aktivitas seksual, seperti yang ditunjukkan oleh beberapa penelitian.

Seks Sehat Pada wanita

Memiliki orgasme meningkatkan aliran darah dan melepaskan bahan kimia penghilang rasa sakit alami.

Aktivitas seksual pada wanita dapat:

  • meningkatkan kontrol kandung kemih
  • mengurangi inkontinensia
  • meredakan kram menstruasi dan pramenstruasi
  • meningkatkan kesuburan
  • membangun otot panggul yang lebih kuat
  • membantu menghasilkan lebih banyak pelumasan vagina
  • berpotensi melindungi Anda dari endometriosis, atau pertumbuhan jaringan di luar rahim Anda

Tindakan seks dapat membantu memperkuat dasar panggul Anda. Dasar panggul yang diperkuat juga dapat menawarkan manfaat seperti mengurangi rasa sakit saat berhubungan seks dan mengurangi kemungkinan prolaps vagina. Satu studi menunjukkan bahwa PVI dapat menghasilkan kontraksi vagina refleksif yang disebabkan oleh dorongan penis.

Wanita yang terus aktif secara seksual setelah menopause cenderung tidak mengalami atrofi vagina yang signifikan, atau penipisan dinding vagina. Atrofi vagina dapat menyebabkan rasa sakit saat berhubungan seks dan gejala kencing.

Aktivitas seksual, dengan pasangan atau melalui masturbasi, dapat memberikan manfaat psikologis dan emosional yang penting. Seperti halnya olahraga, seks dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan serta meningkatkan kebahagiaan.

Studi menunjukkan bahwa aktivitas seksual (didefinisikan sebagai PVI) dapat berkorelasi dengan:

  • peningkatan kepuasan dengan kesehatan mental Anda
  • peningkatan tingkat kepercayaan, keintiman, dan cinta dalam hubungan Anda
  • dan peningkatan kemampuan untuk memahami, mengidentifikasi, dan mengekspresikan emosi
  • mengurangi penggunaan mekanisme pertahanan psikologis Anda yang belum matang, atau proses mental untuk mengurangi tekanan akibat konflik emosional

Pada usia yang lebih tua, aktivitas seksual dapat memengaruhi kesejahteraan dan kemampuan Anda untuk berpikir. Penelitian menemukan bahwa orang dewasa yang aktif secara seksual antara 50 hingga 90 tahun memiliki ingatan yang lebih baik. Mereka juga cenderung tidak merasa tertekan dan kesepian.

Penambah kepercayaan diri

Sering melakukan aktivitas seksual, baik dengan pasangan atau sendirian, bisa membuat Anda terlihat lebih muda. Ini sebagian karena pelepasan estrogen saat berhubungan seks.

Satu studi menemukan korelasi antara aktivitas seksual yang sering dan terlihat lebih muda secara signifikan (antara tujuh hingga 12 tahun lebih muda). Mayoritas individu ini juga merasa nyaman mengekspresikan seksualitas dan identitas seksual mereka.

Manfaat sosial

Seks dapat membantu Anda terhubung dengan pasangan Anda, berkat oksitosin. Oksitosin dapat berperan dalam mengembangkan hubungan. Anda mungkin menemukan bahwa kesenangan seksual timbal balik yang konsisten membantu ikatan dalam suatu hubungan.

Pasangan pasangan sering mengalami peningkatan kepuasan hubungan ketika mereka memenuhi hasrat seksual satu sama lain. Anda mungkin menemukan pertumbuhan positif dalam hubungan Anda ketika Anda dapat mengekspresikan diri dan hasrat seksual Anda.

Masturbasi dapat menawarkan banyak manfaat yang sama seperti seks, tetapi juga memiliki keuntungan sendiri, termasuk:

  • meningkatkan seks di antara pasangan
  • memahami tubuh Anda sendiri
  • peningkatan kemampuan untuk orgasme
  • meningkatkan harga diri dan citra tubuh
  • meningkatkan kepuasan seksual
  • pengobatan disfungsi seksual

Masturbasi dianggap sepenuhnya aman dan dengan risiko kesehatan yang lebih sedikit. Bila dilakukan sendiri, tidak ada risiko kehamilan atau infeksi menular seksual (IMS). Menurut Planned Parenthood, itu meningkatkan kesejahteraan mental bukan penyakit mental atau ketidakstabilan seperti yang disarankan beberapa mitos.

Seks bukan satu-satunya indikator kesehatan atau kebahagiaan. Anda masih bisa menjalani kehidupan yang aktif dan bahagia tanpa seks. Manfaat seks berasal dari perasaan senang, yang menurut penelitian juga bisa berasal dari mendengarkan musik, berinteraksi dengan hewan peliharaan, dan memiliki keyakinan agama yang kuat. Menurut National Health Service di Inggris, sebuah penelitian jangka panjang terhadap para biarawati melaporkan bahwa banyak dari mereka hidup dengan baik hingga usia 90-an dan melewati usia 100 tahun.