Cara Memelihara Kesehatan Hidung

67 Cara Memelihara Kesehatan Hidung Cara memelihara Kesehatan Hidung dapat di lakukan menggunakan beberapa informasi yang akan kami berikan pada artikel dibawah ini.

Cara menjaga kesehatan hidung perlu sekali diketahui dan di laksanakan. Mengingat hidung merupakan bagian terpenting dari seluruh lubang yg ada dalam tubuh manusia. Hidung merupakan salah satu bagian tubuh kita yang rentang akan berbagai serangan penyakit melalui udara yang kita hirup.

Banyak hal yang wajib kita perhatikan dalam membersihkan wajah dan juga kulit kepala kita. Tetapi banyak orang yang tidak sadar, hidung merupakan salah satu anggota tubuh yang pentingĀ  dan harus di jaga kebersihannya jika di bandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Di sinilah pentingnya cara Memelihara kesehatan hidung. Hidung yg bersih, akan membuat hidung menjadi lebih terjaga dan sehat.

Baca juga: Manfaat Kesehatan dari Seks yg Baik

Cara Memelihara Kesehatan Dari Hidung Dengan Benar

Hidung memang bertugas untuk menyaring debu dan zat asing lainnya dengan silia kecil di dalamnya. Setelah debu dan kotoran di saring oleh silia, udara bersih akan masuk ke saluran pernapasan yang di hangatkan dan juga di lembabkan ke dalam paru-paru.

Jika silia di dalam hidung bekerja terlalu banyak dalam menyaring kotoran di udara, terdapat potensi infeksi bahkan silia di dalam tubuh kita dapat rusak. Dan hal ini tentu akan sangat mengganggu aktivitas kita dan saluran pernapasan, yg merupakan bagian terpenting dalam tubuh manusia selain organ jantung.

Polusi udara kini semakin bertambah setiap harinya. Bahkan penyakit menular semakin sulit untuk dikendalikan. Dan hidung merupakan salah satu organ tubuh sebagai salah satu pertahanan untuk melawan berbagai macam penyakit.

Cara menjaga kesehatan hidung ini tentu dapat dijadikan solusi. Karena selain dapat dijadikan sebagai salah satu cara antisipasi, hal ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk dapat mendapatkan kualitas hidup yg lebih sehat dan lebih baik. Berikut penjelasan mengenai cara Memelihara kesehatan hidung

1. Menghindari Polusi

Sebagai salah satu cara untuk memelihara kesehatan hidung, kita harus pintar dalam menghindari polusi. Polusi tersebut adalah seperti

  • asap rokok
  • udara tidak bersih
  • dan debu

Termasuk berusaha untuk menghindarkan hidung dari zat-zat berbahaya. Misalnya bahan kimia yg baunya sangat menyengak dan dapat membuat hidung iritasi. Atau juga bau sampah serta bau kotoran hewan. Kemudian asap kendarakan bermotor.

Maka dari itu agar dapat terhindar dari banyaknya polusi ini, akan lebih baik Apabila keluar rumah memakai masker. Tidak sekadar memakai masker, tetapi juga harus memerhatikan bahan yg digunakan.

Misalnya saja memakai masker dengan kadar penyaringan yg tinggi. Kain ini dapat dinilai kualitasnya dengan menerawang melalui cahaya. Apabila serat kain terlihat seperti bahan spandek maka kain tersebut tidak dapat menjadi penyaring polutan yg baik. Dan lebih baik Apabila memakai kain dengan layer yg lebih tebal, misalnya sekaligus 3 lembar kain dibuat untuk masker.

2. Menghindari Penyebab Alergi

Tidak banyak yg peka dengan penyebab alergi ini. Namun penderita penyakit sinus pada hidung pasti akan lebih memahaminya. Orang yang mengalami sinsitis ini akan mengalama kepekaan terhadap berbagai hal seperti:

  • debu
  • hawa dingin
  • bulu
  • serbuk sari
  • atau juga sesuatu yg lain

Nah pertanda dari alergi terhadap benda-benda tersebut merupakan saat flu yg secara tiba-tiba muncul, atau juga gejala pilek, dan bersin terus-menerus. Hal inilah yg membuat kesehatan hidung bahkan saluran pernafasan manusia bisa terganggu.

3. Menghindari Orang Sakit

Penting sekali untuk menghindari orang yg sedang sakit flu, batuk, dan pilek. Karena virus yang dapat menyebabkan penyakit dapat menular melalui berbagai hal, baik itu batuk maupun bersin. Penularan ini dapat melalui udara yg kita hirup kemudian masuk ke hidung dan membuat saluran pernapasan menjadi terinfeksi.

4. Minum Air Putih

Hidung lah yg bertugas menyaring udara kotor memakai silia dan produksi lendirnya. Nah lendir inilah yg menjadi kunci kotoran di udara tidak ikut masuk ke paru-paru. Produksi lendir ini dipengaruhi oleh air minum yg kita konsumsi.

Semakin sering kita minum air putih, maka kualitas lendir di dalam hidung akan menjadis emakin baik. Tetap tipis, mengalir dengan lancar, dan jumlah lendirnya cukup.

5. Memelihara Kebersihan Tangan

Memelihara kebersihan tangan ini menjadi kunci dari kesehatan saluran pernapasan kita. Karena tanganlah yg setiap hari berhadapan dengan banyak virus dan bakteri di permukaan benda. Banyak menyentuh dan melakukan aktivitas. Dan mencuci tangan ini di laksanakan sebagai upaya pencegahan virus dan bakteri di tangan masuk melalui lubang hidung.

Mencuci tangan yg baik dan benar merupakan dengan memakai sabun. Sabun apa saja minimal 20 detik dan membilasnya memakai air yg mengalir. Selain itu, Apabila sulit menemukan sabun untuk mencuci tangan tentu dapat menggantinya memakai antiseptik.

6. Tidak Mengupil memakai Tangan

Kebiasaan buruk yg sulit dihindari merupakan mengupil memakai jari tangan. Hal ini tidak boleh di laksanakan karena tangan berpotensi besar membawa virus dan bakteri ke hidung. Selain itu, tangan juga dapat merusak pembuluh darah di dalam hidung hingga menyebabkan mimisan.

Cara terbaik Apabila hidung terasa gatal dan kotor, dapat gunakan handuk atau kain yg bersih dan basah untuk membersihkannya. Atau lebih baik lagi Apabila memakai air yg hangat.

7. Tidak Mengupil di Sembarang Tempat

Hal yg salah di laksanakan merupakan mengupil di sembarang tempat. Selain tangan yg digunakan belum tentu bersih, ada banyak sekali virus serta bakteri yg beterbangan di udara atau menempel di dinding, kursi, besi, kertas, atau juga kardus. Apalagi Apabila sembarangan menempelkan upil, misalnya di dinding, kursi, meja, dan lain sebagainya. Maupun virus dan bakteri yg bersarang dalam tubuh kita akan mudah menyebar ke orang lain.

8. Memelihara Udara Lembap

Memelihara kelembapan udara ini penting sekali di laksanakan karena udara yg kering sangat mungkin memicu terjadinya alergi. Selain itu juga bisa menyebabkan hidung mudah mimisan. Bahkan udara yg kering bisa membuat hidung kesulitan menyaring kotoran.

Hal ini di alkukan agar udara yang ada di sekitar menjadi lebih lembab, dan biasanya alat seperti humidifier di pakai di kantor dan juga di rumah. Atau dapat juga dengan mandi dan berendam di air panas untuk semakin melembapkan sinus pada hidung.

9. Rajin Membersihkan Hidung

Rajin membersihkan hidung yg dimaksud bukan dengan mengupil memakai tangan. Tetapi memakai air garam atau semprotan salin. Metodenya adalah dengan memposisikan kepala kita lebih condong ke arah depan, lalu memiringkan kepala kekiri dan juga kekanan.

Lalu masukkan cairan saline maupun air garam ke dalam lubang hidung kita dengan posisi kepala di miringkan. Apabila air dimasukkan dari kiri maka kepala harus miring ke kanan, begitu juga sebaliknya. Terakhir buang ingus yg keluar bersama air tetapi jangan terlalu kencang.

10. Rajin Membersihkan Debu

Debu merupakan penyebab utama dari terjadinya infeksi. Bahkan juga membuat silia hidung terlalu berat bekerja. Dan hal tersebut akan membuat hidung kita lebih mudah terkontaminasi.

Nah Apabila lebih rajin membersihkan debu, misalnya saja 2 hari sekali mencuci gorden, taplak meja, seprei, selimut, dan baju maka debu akan semakin sedikit. Dan Apabila harus dibersihkan lagi, akan lebih ringan.