Manfaat Kesehatan dari Seks yg Baik

17 Manfaat Kesehatan dari Seks yg BaikManfaat Kesehatan dari Seks yg Baik, Seks aman dan pasangan yg penuh kasih bisa menjadi resep kebahagiaan. Terlibat dalam aktivitas seksual bisa membawa kepuasan emosional dan fisik instan.

Manfaat emosional dari seks antara dua orang dewasa yg setuju telah didokumentasikan dengan baik. Mereka termasuk:

  • Menghilangkan stres. Ketika Anda mengalami seks konsensual dengan pasangan yg penuh kasih, Anda bahagia. Aktivitas seksual memberi Anda istirahat dari tekanan hidup Anda. Bahkan Apabila istirahat hanya selama satu jam, itu melegakan.
  • Keintiman pasangan.Hubungan seksual yg bahagia dan sehat memperkuat hubungan sehari-hari Anda dengan pasangan. Ini mempromosikan kepercayaan dan empati (memahami bagaimana perasaan orang lain).
  • Libido yg sehat. Anda pernah mendengar ungkapan, “gunakan atau hilangkan.” Ini berlaku untuk aktivitas seksual yg teratur.
  • Selain itu, semakin sering wanita melakukan aktivitas seksual dan/atau orgasme, semakin mereka secara fisik bisa melakukannya lagi.

Baca juga: Seks Sehat Setelah Menikah

Manfaat Kesehatan dari Seks yg Baik

Tetapi manfaat emosional ini hanya setengah dari cerita. Berhubungan seks juga meningkatkan kesehatan fisik Anda. Faktanya, aktivitas seksual Anda bisa menghasilkan banyak manfaat kesehatan jangka panjang.

Jalan menuju peningkatan kesehatan

Ada lebih dari beberapa alasan untuk berhubungan seks. Rekreasi, kesejahteraan emosional, keintiman, dan untuk hamil merupakan beberapa alasan paling umum orang berhubungan seks. Saatnya menambahkan “untuk manfaat kesehatan” ke dalam daftar.

Saat Anda menikmati kehidupan seks yg sehat, Anda akan menuai manfaat ini untuk kesehatan Anda:

  • Meningkatkan sistem kekebalan Anda. Sering berhubungan seks (sekali atau dua kali seminggu) menghasilkan tingkat antibodi yg melawan kekebalan yg lebih tinggi. Ini membantu tubuh Anda melawan penyakit.
  • Manfaat Kesehatan dari Seks : Hati yg bahagia. Cinta tidak hanya membuat Anda bahagia—bercinta bisa melindungi pria dan wanita dari penyakit jantung.
  • Ini meningkatkan detak jantung Anda. Seks mirip dengan olahraga. Namun, ia memiliki manfaat tambahan untuk menyeimbangkan hormon estrogen (wanita) dan testosteron (pria). Keduanya sangat penting untuk kesehatan jantung.
  • Menurunkan tekanan darah. Ketika Anda menggabungkan kebahagiaan dan olahraga, Anda menurunkan tekanan darah Anda. Hubungan seksual melakukan hal itu.
  • Manfaat Kesehatan dari Seks : Sebuah latihan. Beberapa aktivitas seksual, seperti hubungan seksual, menawarkan perpaduan yg sehat antara aerobik dan latihan pembentukan otot.
  • Obat yg bagus. Rangsangan seksual, dan terutama orgasme, merupakan obat alami untuk rasa sakit. Tubuh Anda melepaskan hormon penghilang rasa sakit tertentu. Ini membantu dengan sakit punggung dan kaki. Juga, ini membantu dengan sakit kepala, radang sendi, dan kram menstruasi.

Manfaat dari Seks Lainnya

  • Keuntungan fisik spesifik gender. Untuk pria, ejakulasi telah terbukti menurunkan risiko kanker prostat. Hal ini bersasarkan pada kesehatan pria yang harus melakukan ejakulasi setidaknkya 21 kali setiap bulan. Bagi wanita, aktivitas seksual memperkuat kandung kemih. Ini meningkatkan fungsi kandung kemih. Aktivitas seksual yg teratur juga membantu melumasi vagina wanita. Hal ini membuat wanita lebih nyaman untuk melakukan aktivitas seksual, terutama seiring bertambahnya usia.
  • Tidur nyenyak. Tubuh Anda memproduksi hormon relaksasi (prolaktin) segera setelah orgasme. Juga, wanita (dan pria) melepaskan hormon oksitosin ketika mereka mengalami orgasme. Ini mempromosikan tidur nyenyak, juga.

Hal-hal yg perlu dipertimbangkan

Jangan pernah lupa untuk melakukan seks yg aman. Ini berlaku untuk orang-orang dari segala usia. Hal ini penting untuk mencegah kehamilan dan penyakit menular seksual (PMS). Ada banyak pilihan pengendalian kelahiran untuk mencegah kehamilan. Kondom merupakan cara paling efektif untuk mencegah PMS.

Aktivitas seksual harus selalu konsensual. Itu berarti Anda berdua setuju bahwa Anda ingin berhubungan seks.

Apa Manfaat Kesehatan dari Seks dengan Kondom?

Kondom efektif melawan PMS.

Kondom dan kondom internal merupakan satu-satunya metode pengendalian kelahiran yg juga membantu mencegah penyebaran infeksi menular seksual seperti HIV, klamidia, dan gonore. Bahkan Apabila Anda sudah memakai jenis kontrasepsi yg berbeda untuk menghindari kehamilan, ada baiknya juga memakai kondom atau kondom internal setiap kali berhubungan seks untuk melindungi diri dari PMS.

Kondom tidak mahal dan nyaman.

Kondom sangat mudah didapat dari berbagai toko, pusat kesehatan masyarakat, pusat kesehatan Keluarga Berencana, dan online. Anda tidak memerlukan resep atau tanda pengenal untuk membelinya, dan harganya murah (atau terkadang bahkan gratis). Kondom merupakan hal penting yang memiliki berbagai manfaat dalam hubungan dan memiliki harga yang murah.

Manfaat Kesehatan dari Seks : Kondom bisa menjadi seksi.

Perlindungan itu penting, tetapi begitu juga kesenangan. Untungnya, kondom menawarkan keduanya!

Kondom datang dalam banyak gaya, bentuk, dan tekstur berbeda yg meningkatkan sensasi bagi kedua pasangan. Dan meminta pasangan Anda memakaikan kondom pada penis Anda bisa menjadi bagian pemanasan yg seksi, terutama Apabila Anda menambahkan pelumas. Kondom bahkan bisa menunda ejakulasi (cumming), sehingga hubungan seks berlangsung lebih lama.

Anda bisa memakai kondom untuk seks oral, anal, dan vaginal, sehingga kondom melindungi Anda dari PMS tidak peduli bagaimana Anda turun. Dan itu benar-benar bagian terseksi dari semuanya: kondom memungkinkan Anda fokus pada kesenangan dan pasangan Anda tanpa khawatir tentang kehamilan atau PMS. Seks yg lebih aman merupakan seks yg lebih baik karena menghentikan stres dari membunuh mood.
Kondom membantu metode pengendalian kelahiran lainnya bekerja lebih baik.

Menambahkan kondom ke jajaran alat kontrasepsi Anda bisa memberi Anda perlindungan kehamilan ekstra. Tidak ada metode yg 100% efektif, jadi menambahkan kondom sebagai cadangan membantu Anda mencegah kehamilan Apabila Anda melakukan kesalahan dengan metode lain atau gagal. Dan sebaiknya gunakan kondom untuk membantu melindungi diri Anda dari penyakit menular seksual juga.

Kondom bisa menambahkan perlindungan ekstra ke hampir semua metode pengendalian kelahiran lainnya, seperti pil, suntikan, cincin, IUD, dan implan. Namun, jangan gunakan kondom internal dan kondom pria secara bersamaan, dan tidak perlu memakai lebih dari satu kondom sekaligus. Seseorang harus melakukan trik.
Kondom tidak memiliki efek samping.

Seks aman

Seks aman merupakan melakukan kontak seksual sekaligus melindungi diri Anda dan pasangan seksual Anda dari infeksi menular seksual (IMS) dan kehamilan yg tidak direncanakan. Kontak seksual yg tidak melibatkan pertukaran air mani, cairan vagina atau darah antar pasangan dianggap sebagai seks yg aman. Seks yg tidak aman bisa menempatkan Anda atau pasangan pada risiko IMS seperti klamidia, gonore, sifilis, Mycoplasma genitalium, HIV atau hepatitis B, atau bisa menyebabkan kehamilan yg tidak direncanakan.

Efektivitas kondom

Kondom, meskipun digunakan dengan benar, tidak menjamin perlindungan 100 persen terhadap IMS atau kehamilan yg tidak direncanakan. Masalah yg perlu dipertimbangkan meliputi:

Seks memakai kondom masih bisa menyebarkan infeksi Apabila kondom tidak sepenuhnya menutupi area yg terinfeksi. Misalnya, beberapa infeksi seperti kutu kemaluan, kudis, kutil kelamin, dan herpes ditularkan melalui kontak kulit-ke-kulit yg dekat. Kondom memberikan perlindungan terhadap IMS ini, tetapi bukan perlindungan penuh karena tidak menutupi seluruh area kulit genital.

Kondom bisa pecah, terutama Apabila tidak disimpan dengan benar atau pelumas yg tepat tidak digunakan. Inilah sebabnya mengapa Anda harus selalu memakai pelumas berbahan dasar air. Pelumas berbasis minyak dikaitkan dengan kerusakan kondom dan tidak boleh digunakan. Jangan biarkan kondom terkena panas yg berkepanjangan. Jangan gunakan kondom yg sudah melewati tanggal penggunaannya. dan Jangan mencoba untuk memakai kembali kondom bekas – kondom dirancang hanya untuk sekali pakai.