Tindakan Agar Terhindar Flu

Tindakan Agar Terhindar Flu

Musim penghujan dan banjir kerap kali dihubungkan dengan bertambahnya liabilitas sehingga lakukan tindakan agar terhindar flu.

Salah satunya usaha untuk menghindarinya dengan tingkatkan kekebalan badan. Berikut akan diterangkan langkah tingkatkan kekebalan badan, agar tidak mudah sakit.

7 Tindakan Agar Terhindar Flu Selama Musim Hujan

Penyakit seperti flu dan pilek seringkali berlangsung waktu musim penghujan dan banjir. Penyakit yang berasal dari infeksi virus ini makin lebih gampang serang jika kekebalan atau ketahanan badan Anda sedang kurang kuat.

Baca Juga: Apa sih Defisit Kalori

Kekebalan badan yang kuat dapat membuat perlindungan Anda dari gempuran penyakit. Untuk jaga dan tingkatkan kekebalan badan sepanjang musim penghujan dan banjir, ada beberapa langkah yang dapat Anda kerjakan

Beberapa orang mencintai musim penghujan. Kecuali asyik untuk berpose riang, hujan membuat situasi lebih syahdu, situasi di mana kita dapat nikmati minuman hangat sekalian memandang rintik hujan dari jendela dan dengarkan lagu bimbang. Kamu demikian, tidak?

Sejauh bulan Januari dan Februari adalah pucuk curahan hujan di Indonesia. Walau tetap harus melakukan aktivitas dengan diguyur hujan, tapi kita harus tetap jaga keadaan kesehatan. Bagaimana triknya supaya ketahanan badan kita masih maksimal waktu musim penghujan? Yok, baca beberapa tips-nya di bawah ini!

  1. Menjaga kebersihan

Membersihkan selalu beberapa sudut rumah. Jangan dibiarkan ada genangan di beberapa tempat yang dapat memuat air, atau di beberapa tempat yang gelap dan lembap seperti pada gudang penyimpanan. Genangan air menjadi tempat nyamuk untuk berkembang biak dan tingkatkan resiko penyakit seperti demam berdarah dengue (DBD).

Seperti diterangkan di situs WebMD, untuk kurangi komunitas nyamuk, taklukkan beberapa tempat di mana nyamuk dapat berkembang biak. Misalkan ban sisa, vas bunga, kaleng kosong, tempat minum hewan piaraan, dan tempat penampungan air yang lain.

Janganlah lupa untuk mengurus sampah secara baik dan membersihkan aliran air supaya bebas dari sampah. Ini penting selaku usaha penjagaan banjir.

  1. Banyak minum air putih

Air putih bisa memperlancar aliran pencernaan dan bisa jaga ketahanan badan. Berdasar riset yang diedarkan dalam British Nutrition Foundation Nutrition Bulletin tahun 2010, air penting untuk kehidupan.

Air bisa penuhi keperluan hidrasi badan. Jaga badan masih terhidrasi secara baik bisa membuat perlindungan peranan organ badan kita bekerja secara optimal. Minuman yang ditambah pemanis atau perasa dapat memiliki kandungan kalori, karena itu opsi terhebat ialah air putih.

Waktu terhebat untuk minum air putih yang disarankan ialah waktu bangun tidur, saat sebelum makan, dan sebelum dan setelah olahraga.

  1. Konsumsi sayur dan buah

Berdasar riset yang diedarkan dalam Food and Scientific Report tahun 2020, sayur dan buah adalah sumber, anti-oksidan, vitamin, dan mineral. Konsumsi sayur dan buah yang ideal direferensikan untuk diet.

Sayur dan buah memiliki kandungan banyak vitamin yang bisa jaga mekanisme ketahanan tubuh. Salah satunya ialah vitamin A dan C. Vitamin A terdapat banyak pada wortel, brokoli, melon, dan labu. Saat itu, vitamin C banyak didapatkan pada jeruk, tomat, dan lain-lain.

Makanan lain seperti jamur, produk susu, daging, dan telur bisa juga menolong kita tingkatkan mekanisme ketahanan tubuh.

Jauhi makan makan mentah. Selalu masak makananmu, terutamanya daging, sampai masak. Upayakan tidak untuk beli makanan di beberapa tempat yang keadaan kebersihannya tidak terbangun. Paling amannya masak sendiri makananmu di dalam rumah.

  1. Sedia payung saat sebelum hujan

Waktu musim penghujan, tentu saja makin bertambah beberapa barang bawaan yang penting dipersiapkan, seperti payung, jaket, jas hujan, topi, atau jika memang perlu membawa pakaian tukar, terutamanya untuk kamu yang kemanapun naik kendaraan umum atau menunggangi motor.

Tidak boleh memaksain diri untuk hujan-hujanan. Selalu awasi perkiraan cuaca harian dan selalu persiapkan diri dengan beberapa benda yang dapat melindungimu dari siraman hujan.

  1. Gunakan alas kaki yang pantas

Permukaan jalan bisa menjadi licin bila terguyur hujan selama seharian. Merilis Science Direct, ada riset yang menyebutkan jika alas kaki yang jelek ialah factor resiko tergelincir atau jatuh.

Alas kaki dengan ketahanan sol luar yang lebih bagus mempunyai potensi secara menegangkan kurangi resiko luka karena jatuh waktu musim dingin atau musim penghujan. Oleh karenanya, gunakanlah alas kaki seperti sandal dan sepatu yang bergerigi dan kuat supaya kamu tidak gampang tergelincir di jalanan yang basah.

Kamu dianjurkan untuk menggunakan sepatu tahan air jika harus melakukan aktivitas di luar ruang waktu musim penghujan. Jika memang perlu, membawa sepatu cadangan untuk jaga kakimu masih nyaman dan hangat.

  1. Olahraga di dalam rumah

Badan harus tetep bugar dan berkeringat meskipun kita di dalam rumah saja. Banyak tipe olahraga yang dapat dikerjakan, misalkan yoga, senam aerobik, dan lain-lain. Olahraga penting benar-benar perlu dikerjakan supaya badan bugar dan sehat waktu musim penghujan.

Michael Jonesco, DO, seorang dokter specialist olahraga dari Ohio State University Wexner Medical Center, Amerika Serikat (AS), mereferensikan supaya kita lengkapi olahraga dengan yoga dan latihan yang lain yang membuat otot, kemampuan pokok, dan elastisitas yang dikerjakan 20 sampai 30 menit sekitar satu sampai 2x dalam satu minggu.

Paling akhir, olahraga dapat tingkatkan kesehatan psikis dan emosional, yang mana ini memberikan dukungan kesehatan fisik sebab hubungan benar-benar kuat.

  1. Menjaga badan supaya masih hangat dan kering

Jika kamu kehujanan, hal pertama yang penting dikerjakan sesampai di dalam rumah ialah bersihkan tangan dan menukar bajumu dengan pakaian yang kering dan hangat. Jika memang perlu, langsung mandi.

Jaga badanmu masih hangat dan kering bisa menghindarikanmu dari penyakit ciri khas musim penghujan seperti, batuk pilek atau flu.

Vitamin C dan Perannya Dalam Tingkatkan Kekebalan Badan

Sama seperti yang sudah diuraikan awalnya, salah satunya langkah untuk perkuat daya badan sepanjang musim penghujan dan banjir dengan konsumsi makanan yang kaya vitamin C. Bila keperluan vitamin C harian Anda tercukupi, mekanisme imun dan kesehatan badan Anda juga makin lebih terbangun hingga tidak gampang terkena penyakit.

Salah satunya tipe makanan yang memiliki kandungan banyak vitamin C ialah buah. Meskipun warga umum lebih mengenali jeruk selaku sumber vitamin C, sesungguhnya ada bermacam buah yang kaya vitamin C, diantaranya jambu biji, pepaya, strobery, dan kiwi.

Bahkan juga, jambu biji memiliki kandungan vitamin C 2x semakin banyak dibanding buah jeruk. Untuk konsumsi buah jambu biji, Anda bisa mengkonsumsinya langsung atau meminum berbentuk juice, baik juice bikinan sendiri atau juice dalam paket siap minum. Akan lebih bagus jika Anda konsumsi sumber vitamin C yang natural serta tanpa ada menambah kebanyakan gula.

Kecuali lakukan langkah tingkatkan kekebalan atau ketahanan badan sama seperti yang sudah diterangkan di atas, Anda pun perlu jaga kebersihan lingkungan supaya tidak gampang terkena penyakit. Tetapi, bila Anda terlanjur sakit, kontrollah diri ke dokter untuk memperoleh pengatasan yang tepat.

Itu panduan supaya kamu masih sehat sepanjang musim penghujan. Menjaga skema makan masih sehat, teratur olahraga, tidur memadai, urus depresi secara baik, dan janganlah lupa untuk jaga kebersihan lingkungan rumah.